Tugas Pokok dan Fungsi


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Tengah mempunyai Tugas dan Fungsi sebagai berikut :

T u g a s

  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh kepala dinas;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan kewenangan desentralisasi dan dekonsentrasi di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

  • Penyusunan Program dan Anggaran;
  • Pengelolaan Keuangan ;
  • Pengelolaan perlengkapan urusan tata usaha, rumah tangga dan barang milik negara;
  • Pengelolaan urusan ASN;
  • Pembinaan dan koordinasi penyusunan dan pelaporan pelaksanaan program dan anggaran tugas pembantuan bidang administrasi kependudukan di kabupaten/kota;
  • Pembinaan dan koordinasi ASN meliputi pengangkatan, pemberhentian dan penilaian kinerja pejabat yang menangani urusan administrasi kependudukan di kabupaten/kota;
  • Pembinaan dan koordinasi perangkat daerah yang menangani urusan administrasi kependudukan di kabupaten/kota;
  • Pembinaan dan koordinasi pengelolaan barang milik negara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten/Kota;
  • Penyusunan perencanaan dibidang fasilitasi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Perumusan kebijakan teknis dibidang fasilitasi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan kebijakan dibidang fasilitasi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan pembinaan umum dan koordinasi dibidang pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependuduka, kerjasama administrasi kependudukan serta pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  • Pemberian bimbingan teknis dan supervisi dibidang fasilitasi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan di kabupaten/kota;
  • Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang penyelenggaraan pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan administrasi kependudukan, kerjasama administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan di kabupaten/kota; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain dan tugas perbantuan yang diberikan oleh Gubernur dibidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai peraturan perundang-undangan.