Perkuat Layanan di Tengah Pandemi, Kemendagri Gencarkan Program Dukcapil Menyapa Masyarakat

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh saat menggelar kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat secara virtual melalui aplikasi Zoom, 3 September 2020. /Dok Puspen Kemendagri.

PRFMNEWS – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) mendorong semua Dinas Dikcapil di kabupaten/kota untuk menjalani program Dukcapil Menyapa Masyarakat.

Dengan program Dukcapil Menyapa Masyarakat ini, hambatan komunikasi yang terjadi antara masyarakat pelayanan Dukcapil selama masa pandemi virus corona (Covid-19) diharapkan bisa dikurangi.

Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan, Dukcapil Menyapa Masyarakat merupakan program khusus yang dilakukan Dinas Dukcapil.

untuk mengetahui dan memecahkan masalah-masalah terkait pelayanan Dukcapil.

Zudah melanjutkan, Ditjen Dukcapil Kemendagri juga membebaskan Dinas Dukcapil di daerah dalam memilih sarana untuk menggelar acara sosilasi Dukcapil Menyapa Masyarakat.

“Bisa dilakukan via radio, televisi lokal, dan juga sarana media sosial seperti Youtube, Zoom, dan sebagainya,” jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 11 September 2020.

Program Dukcapil Menyapa Masyarakat ini, kata Zudan, sudah mulai sejak 17 Agustus 2020. Setiap Dinas Dukcapil di kabupaten/kota diminta untuk menyapa masyarakat melalui program Dukcapil Menyapa Masyarakat, minimal dua kali dalam sebulan.

“Karena saat ini sedang pandemi virus corona, sehingga kita tidak bisa mengumpulkan masyarakat untuk sosialisasi seperti biasanya. Mudah-mudahan program ini bisa menjembatani hambatan komunikasi antara masyarakat dengan pelayanan Dukcapil,” tamah Zudan.***

Indra Kurniawan– 11 September 2020, 15:22 WIB